Selasa, 29 November 2011

Punya 20 Staff itu.................................

         Bagaimana jika kita dihadapkan pada kondisi dimana kita menjadi pemimpin atau ketua yang memiliki 20 staff ?? manusia diciptakan dengan watak dan cara hidup yang berbeda. tiap individu berbeda dengan individu lainnya. Namun biasanya wadah dari perbedaan itu kita letakan di tempatyang namanya“organisasi”.
Dalam organisasi perbedaan bisa menjadi  suatu kekuatan atau pun kelemahan tersendiri.karena setiap oran punya kelebihan dan kekurangan pada masing – masing kepribadian. Maka dari itu tugas seorang pemimpin yang baik adalah bisa menyatukan semua perbedaan yang ada dan juga bisa mempertahankan semua “atmosfer” yang baik pada organisasinya
Organisasi yang baik itu adallah organisasi yang solid. Bagaimana cara memperoleh kesolidan antar anggota organisasi tersebut adalah salah satunya itu memiliki yang dinamakan keloyalitasan anggota terhadap organisasi tersebut. Bagaimana seseorang bisa bekerja dan bertahan di organisasi tersebut jika loyalitasnya kurang.seseorang merasa enggan bekerja atau mengeluarkan ide – ide ketika seseorang sudah merasa bosan, lelah ataupun malas. Jadi bagaimana pun organisasi itu tidak bisa dijalankan orang beberapa orang saja namun dari semua struktur keorganisasian yang ada dari mulai bawah hingga paling atas harus bisa mengeluarkan potensi masing – masing dan menyatukan visi dan misi mereka.
                Salah satu cara ketua agar para staff yang nanti membantuya itu tetap semangat dan mau menjalani kegiatan / proker dari awal hingga akhir adalah :
1.        Penyesuaian sumber daya manusia pada tempat yang cocok dan sesuai dengan kapasitasnya di organisasi.dengan begitu kita meminimalisir kebosanan dan tingkat kemalasan dia bekerja.
2.       Penggamblangan visi dan misi, proker dan tujuan dari awal biasanyaa orang – orang lebih “excited” jika tahu tujuan dan sasaran pada proker awal organisasi tersebut.
3.       Sering berkumpul bersama dalam suatu forum internal dan membahas masalah yang ada pada saat itu dan mencari solusinya pada saat itu juga.
4.       Sering mengadakan acara internal agar suasana internal juga dapat terjaga dan tidak membosankan.
Kemudian hal paling penting lainnya adalah kejujuran dan komitmen jadi jujur pada saat ada kendala atau masalah pada semua teman – teman di organisasi juga sangat penting, agar tidak memendam masalah sendiri. Kemudian komitmen itu adalah acuan atau pegangan kita agar tidak hilang kendali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar